Senin, 20 Februari 2012

tips merawat mouse pada komputer

Tips Merawat Mouse Komputer Anda

mouse
Mouse adalah periferal penting bagi sebuah komputer. Mouse memegang peranan penting dalam pengendalian dan input data pada sebuah komputer. Karena itu kita pasti akan merasa kesal jika mouse yang kita gunakan macet, terutama saat digunakan untuk menyelesaikan banyak tugas. Karena itu, sebelum mouse kita sampai macet bahkan rusak, kita perlu rajin merawat dan membersihkannya.

Jenis mouse yang paling banyak ditemui adalah mouse optic dan mouse bola (scroll). Untuk mouse bola, biasanya cukup seminggu sekali dibuka casingnya kemudian dibersihkan kotoran yang menempel di bola and roda putarnya.
Sedangkan untuk mouse optic, teknik perawatan dan pembersihannya justru lebih mudah, asalkan tetap hati-hati pada setiap komponennya. Untuk penggunaan mouse optic sendiri , usahakan mousepad dan kondisi sekitar dimouse dalam keadaan kering.
Untuk langkah-langkah membersihkan mouse optic, pertama buka baut pada bagian bawah mouse, kemudian keluarkan komponen-komponen pada mouse. Nah, setelah semua komponen di keluarkan, bersihkanlah debu yang ada pada mouse dengan menggunakan kuas atau kain kering.
Selanjutnya, bersihkan juga kotoran-kotoran yang terdapat pada casing mouse, dapat menggunakan kuas, kain ataupun menggunakan vacum cleaner khsusu untuk membersihkan perangkat komputer. Setelah yakin semua bagian dibersihkan, pasang kembali setiap komponen mouse lalu casingnya.
Meski harus rajin dirawat, sebaiknya jangan terlalu sering membuka casing mouse optic karena komponen didalamnya rawan patah. Anda bisa membersihkan bagian luarnya saja jika dirasa perlu. Semoga mouse Anda tetap nyaman digunakan.
 
  • No Related Post
   

Leave your comment here:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar