Senin, 20 Februari 2012

mendiagnosa komputer

Mendiagnosa Kerusakan Komputer Blank atau Mati Total

Advertisement
komputer blank
Suatu saat Anda mendapati komputer yang biasa Anda pakai tiba-tiba mati-total, komputer tidak bisa booting dan pada layar monitor tidak menampilkan apa-apa alias blank. Lantas apa yang harus kita lakukan..? 

Untuk mendiagnosa penyebab kerusakan komputer blank atau mati total, kita bisa melakukan beberapa pengecekan seperti dibawah ini:



1. Pastikan dulu apakah kerusakan terjadi karena komputer yang tidak bisa booting ataukah karena monitor yang memang mati.

Untuk itu coba lihat lampu indikator monitor apakah menyala, dan coba cabut kabel VGA Monitor, apabila tampilan monitor menjadi normal dengan menampilkan gambar atau pesan seperti misalnya "No Signal Detected" maka kerusakan memang terdapat pada komputer.

2. Pastikan Power Supply Berfungsi dengan baik.

Buka casing CPU kemudian nyalakan kembali komputer dengan menekan tombol power dan perhatikan apakah lampu indikator pada motherboard menyala dan fan Processor berputar? Kalau masih  menyala kemungkinan besar Power Supply masih berfungsi dengan baik. Sedangkan apabila CPU tidak menampilkan "tanda-tanda kehidupan", coba cek secara manual Power Supply tersebut.

3. Bersihkan semua komponen pada Motherboard

Apabila diperlukan cabut terlebih dahulu semua komponen seperti Processor, Memory dan Card-card tambahan lainnya. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan kuas dan vacuum cleaner. Kalo ada gunakan juga cairan pembersih "electrical contact cleaner" untuk lebih membersihkan debu-debu yang menempel pada pin-pin IC atau komponen elektronik pada komponen - komponen tersebut.

4. Rakit kembali CPU dan coba nyalakan kembali, tetapi untuk hardisk jangan dipasang terlebih dahulu.
 

Biasanya ada beberapa hal yang akan terjadi:
  • komputer menyala normal (bisa masuk BIOS) tetapi tidak bisa booting,
    hal ini ga masalah karena hardisk memang ga dipasang. Matikan dan pasang hardisk kemudian nyalakan lagi, apabila berhasil booting berarti permasalahan sudah hampir selesai.
  • komputer mengeluarkan bunyi beep,
    berarti ada komponen biasanya RAM dan VGA Card yang bermasalah, coba dicabut pasang lagi atau diganti dengan yang masih berfungsi baik.
  • komputer masih tetap tidak bisa booting dan tidak mengeluarkan bunyi beep.
    cabut battery BIOS, dan coba ganti aja dulu RAM atau VGA Card-nya dengan yang masih berfungsi.
  • RAM dan VGA Card sudah diganti tetapi komputer masih tetap blank,
    wah ini gawat biasanya kerusakan terjadi pada bagian Motherboard atau Processornya. Menurut pengalaman saya kebanyakan bagian Motherboard yang rusak (kata temen saya kebanyakan pada transistor power) hal ini terjadi misalnya karena power listrik PLN yang tidak stabil. Kalo ada Processor yang "nganggur" pinjem aja dulu untuk memastikan kerusakan.
Demikianlah diagnosa kerusakan komputer blank atau mati total, mohon maaf apabila penjelasannya kurang memuaskan, saya tunggu sharing tentang cara memperbaiki  komputer blank-mati total dari temen-temen sekalian, thanks.
Free Trade Magazine Subscriptions & Technical Document Downloads
ebook, majalah dan video gratis
Dapatkan majalah teknologi dan perdagangan, ebook, video training tutorial dan white paper dari berbagai topik mulai dari teknologi, manajemen TI, retail, bisnis dan e-bisnis serta lainnya. Gratis..! Cukup mengisi formulir aplikasi yang tersedia. Terbaru dari CISCO: "Data Center Fabric Solutions". [klik disini untuk mendaftar]

12 comments:


latihan soal mengatakan...
mohon bantuannya_mengapa komputer ku ga bisa masuk bios, pdahal smua kipas di dlm cpu nyala dan lmpu indikator monitor nyala? aku dah coba cabut, bershkan dan psang smua card2 yg nempel di mobo, udah coba clear cmos tp te2p ga bisa...ga da bunyi beep..
Anonim mengatakan...
to latihan soal''' jika semua nyala tidak ada bunyi bip, tetep pada memory ram atau slot memory sudah trouble,.. coba bersikan lagi pake alkohol/ air sabun tapi ingat "tunggu sampai kering baru di nyalakan" atau lebih cepet di "hedrayer rambut",. coba lagi, yang vga dan harddisk jangan di pasang dulu, sampai normal bisa masuk bios / nyala. kalau tetep ya mobo anda sudah saatnya ganti, mau di upgrade bios harus normal dulu biosnyaa,. kalau punya alat inject bios bisa di perbaiki, tpi alat itu mungkin gak dijual bebas... sekian...
Anonim mengatakan...
komputer ku tadinya baik2 saja saya, saya melakukan safe mode w xp . saya klik start-run,lalu ketik msconfig &klik ok di systm configuration utility, pilih tab BOOT.INI lalu saya centang. lalu restart dan komputer saya msk ke safe mode dan tidak bisa booting . pertanyaaan saya bagaimana mengembalikan komptr saya ke kondisi awal. komputer saya restart terus tidak bisa booting
Asep Alazhary mengatakan...
Wh bermanfaat sekali infonya.. loading blog ini cepat sekali mas..
Catatanteknisi mengatakan...
saya dah coba eksperimen spt diatas tp kompiku baik2 aja, mungkin cara cepatnya dengan cara repair windowsnya aja gan..
Anonim mengatakan...
mas maapsaya mhon bantuannya. laptop acer 4740G saya setelah instal ulang windows7 kok sering mati tiba2 ya?? ketika selesai instal, ada peringatan data corrupt, kemudian saya matikan lalu saya nyalakan kembali malah ketika booting mati tiba2. mohon penjelasan, solusi dan bantuannya. trims.
Dadang Sudirman mengatakan...
Kalo mau bersihin perangkat elektronik, terlebih pada rangkaian yang rumit sebaiknya jangan gunakan alkohol. Karena alkohol memiliki residu yang justru akan meninggalkan endapan yang nantinya semakin menebal. Kenapa? Karena alkohol diproses dari fermentasi karbohidrat oleh organisme jamur. Kalo perangkat elekronik kita bersihin pake alkohol, dijamin deh nggak seberapa lama tuh barang bakalan jamuran. Apalagi kalo yang dibersihin berupa tembaga.
Catatanteknisi mengatakan...
@ Dadang: thanks infonya Pa
Wanita Desa mengatakan...
mohon bantuan, komputer saya tadinya baik2 saja, tapi saat saya unintal games di kontrol panel teman bilang remove sekalian internet explorer karena gak kepake... setelah saya uninstal internet eplorer komputer restart otomatis,.. terus gitu layar kosong,.. hanya ada background dan kursor..semua ikon dan tombol start juga ga ada... tolong bagaimana agar saya bisa aktifkan lagi, terimkasih.
Catatanteknisi mengatakan...
Mungkin bisa dicoba dengan mengembalikan setingan dengan menggunakan "System Restore" atau kemungkinan windows-nya hrs di repair.
Budi mengatakan...
Untuk membersihkan RAM jangan pake alkohol, tapi pake penghapus pensil, untuk slotnya pake blower atau ditiup sampe bersih
dino mengatakan...
bos mo tny layar laptop gelap tapi klo dri smping keliatan tulisan check cable n insert drive memory. kondisi hdd gk ad, thanks for time

Poskan Komentar


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar