Jaringan komputer sangat bermanfaat dalam teknologi TI sehingga banyak digunakan di berbagai kalangan, misal di kantor, warnet ataupun dirumah kita. Lalu apa saja manfaat jaringan komputer sehingga banyak yang memakainya?
Resource Sharing / Berbagi data, maksudnya ialah dengan jaringan komputer kita dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu komputer kantor dan ia membutuhkan data dalam komputer tsb, dengan menggunakan jaringan komputer dia akan mudah mendapatkan data tersebut. Seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.
Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu komputer rusak, maka salinan data di komputer yang lain bisa digunakan.
Menghemat uang, komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.
Masih banyak manfaat yang lainnya, ada yang tahu? silahkan share disini :)

Incoming search terms:

manfaat jaringan komputerfungsi jaringan komputermanfaat jaringanfungsi dan manfaat jaringan komputerkegunaan komputer pribadi

Baca yang lain :