Selasa, 21 Februari 2012

link komputer




< Browse > Home / InternetKomputer / Blog article: Media Penghubung Jaringan Komputer
Tuesday, February 21, 2012 | Mobile RSS

Media Penghubung Jaringan Komputer

February 22nd, 2011 | 18 Comments Posted in InternetKomputer
media penghubung jaringan komputer dan internet antara lain:

ROUTER

Router Media Penghubung Jaringan Komputer
Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. Perbedaannya, router menyaring (filter) lalu lintas data. Penyaringan dilakukan bukan dengan melihat alamat paket data, tetapi dengan menggunakan protokol tertentu. Router muncul untuk menangani perlunya membagi jaringan secara logikal bukan fisikal.
Router1 Media Penghubung Jaringan Komputer
Sebuah IP router bisa membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas yang ditujukan untuk IP address tertentu yang bisa mengalir dari satu segmen ke segmen lain. Anda mungkin bingung dengan definisi di atas, tetapi untuk mudah diingat, Anda menggunakan router ketika akan menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain. Jaringan ini bisa berupa jaringan pribadi (LAN/WAN) atau jaringan publik (Internet).

Switch

switch Media Penghubung Jaringan Komputer
SwitchBiasanya switch banyak digunakan untuk jaringan LAN token star.Dan switch ini digunakan sebagai repeater/penguat. Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain. Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN.
switch2 Media Penghubung Jaringan Komputer
Switch adalah hub pintar yang mempunyai kemampuan untuk menentukantujuan MAC address dari packet. Daripada melewatkan packet ke semuaport, switch meneruskannya ke port dimana ia dialamatkan. Jadi, switchdapat secara drastis mengurangi traffic network.Switch memelihara daftar MAC address yang dihubungkan ke port-portnyayang ia gunakan untuk menentukan kemana harus mengirimkanpaketnya. Karena ia beroperasi pada MAC address bukan pada IP address,switch secara umum lebih cepat daripada sebuah

HUB

hub Media Penghubung Jaringan Komputer
Hub adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuah central connection point untuk komputer pada network. Fungsi dasar yang dilakukan oleh hub adalah menerima sinyal dari satu komputer danmentransmisikannya ke komputer yang lain. Sebuah hub bisa active atau passive. Active hub bertindak sebagai repeater; ia meregenerasi dan mengirimkan sinyal yangdiperkuat. Passive hub hanya bertindak sebagai kotak sambungan; iamembagi/memisahkan sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke seluruhnetwork.
hub2 Media Penghubung Jaringan Komputer
Hub adalah central untuk topologi star dan mengijinkan komputer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah.Kapabilitas yang disediakan hub central utnuk topologi star dan mengijinkan computer untuk terkoneksi. Dalam Jaringan komputer kita perlu hub yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa komputer menjadi satu buah kelompok jaringan. Mungkin bila kita hanya akan menghubungkan dua buah PC kita hanya akan memerlukan Kabel UTP dengan Crimping dengan metode cross cable. Tapi bagaimana halnya dengan 10 PC ? atau 20 PC ? disinilah fungsi hub bekerja dimana komputer2 tersebut akan dihubungkin dengan UTP Straight Cable yang dicolokkan ke port2 yang ada di hub dan diset dengan IP dengan alamat jaringan yang sama, maka kita akan berada di dalam jaringan komputer yang terdiri lebih dari 2 buah PC.
Antar hub juga dapat saling berhubungan, ini disebut sebagai chaining melalui port uplink. Dengan adanya ini maka dapat meningkatkan kinerja jaringan yaitu dapat mengisolasi suatu komputer dari komputer lain.Hub akan mengirim paket ke semua komputer yang dihubungkan ke hub tersebut tetapi switch hanya akan melewatkan paket ke alamat yang dituju. Karena switch mempunyai kemampuan mendeteksi alamat komputer yang akan dituju. Jelas disini switch lebih aman dan lebih cepat.
Switch pada saat yang sama dapat menangani lebih dari satu koneksi. Tentu saja dengan kemampuan lebih seperti ini harga switch lebih mahal dari pada harga hub. Dengan adanya hub maupun switch sebagai penghubung maka banyak komputer dapat saling berhubungan. Bila tanpa hub atau switch untuk menghubungkan dua atau lebih komputer kita gunakan konektor BNC. Kecepatannya rendah. Tetapi dengan hubungan menggunakan RG45 dan Ethernet Card yang mendukung serta kemampuan hub ataupun switch yang mendukung maka kita dapat mendapatkan kecepatan). Hub adalah komponen dalam jaringan yang menghubungkan REPEATER (bekerja pada Physical Layer)Digunakan untuk mengatasi keterbatasan (jarak, kualitas sinyal) fisik suatu segmen jaringan.
HUB3 Media Penghubung Jaringan Komputer
Switch dan hub merupakan komponen penting dalam jaringan. Keduanya berfungsi mentransfer data dalam suatu jaringan.
Lalu apa perbedaan antara switch dan hub? Meskipun keduanya memiliki bentuk sama dan memiliki fungsi yang sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat mendasar.
Hub hanya bisa terjadi satu proses transfer data pada satu saat. Ini terjadi karena pada suatu jaringan, sebelum pengiriman data akan diawali dengan pemeriksaan apakah ada pengiriman data dari pihak lain atau tidak. Jika ya, maka pengiriman data akan ditunda sebab jika ada 2 pihak yang mentransfer data secara bersamaan, maka akan terjadi tabrakan antar data (collision).
Lain lagi dengan switch. Switch memungkinkan proses transfer data lebih dari satu pada saat bersamaan. Ini disebabkan karena switch memiliki collision control di setia portnya. Berbeda dengan hub yang hanya memiliki satu collision control.

BRIDGE

BRIDGE – bekerja pada Data Link layer (2)Bridge mengatur (melalui filtering atau forwarding) frame data per segmen, sehingga jika w/s 1 akan mengirim data ke w/s 2, frame tidak akan diteruskan (forward) ke segmen 2. Hal ini mengakibatkan beban jalur setiap segmen menjadi optimal, dan overhead traffic pada setiap segmen dapat dikurangi..
save as txt 103 Media Penghubung Jaringan Komputer save as html 103 Media Penghubung Jaringan Komputer save as doc 103 Media Penghubung Jaringan Komputer save as pdf 103 Media Penghubung Jaringan Komputer save as xml 103 Media Penghubung Jaringan Komputer icon print 103 Media Penghubung Jaringan Komputer
GD Star Rating
loading...
GD Star Rating
loading...
Leave a Reply9340 views, 31 so far today |
Tags: ,,, Keyword :
Follow Discussion

18 Responses to “Media Penghubung Jaringan Komputer”

  1. joko santoso Says:
    Trus gimana tuh cara kerja akses point kang, karena saya pernah dengar istilah itu
  2. Agus Siswoyo Says:
    Apa bedanya dengan koneksi wireless? Soalnya akhir-akhir ini internet WiFi RT/RW disini sering bermasalah.
  3. INSICO Says:
    wah nie kawan Dillah detail banget neh. thanks buat pencerahannya
  4. nas Says:
    jasa pembuatan account google adsense hanya 30rb(bisa diblog bhs indonesia)berminat? call/sms 02168936593, setlah account jd.. baru dibayar
  5. Ilham Prasetyo Says:
    Memang media penghubung jaringan ini sangat di butuhkan bagi ADMIN Jaringan ..:D
  6. Sekrip Says:
    I like it, it really usefuly and detail. thanks
  7. Ari Purwoko Says:
    Pertama tama, saya gk mudeng. Tp keren infonya ^_^
  8. fikriyansyah Says:
    thanks atas sharenya mas.
  9. kamal Says:
    wah..sob.. lo emang gape banget dech.. menyuguhkan informasi dunia komputer… thanks sob.. lumayan nambah nambah ilmu”
  10. iyoet Says:
    Mantaaap
  11. Yahoo Mail Says:
    Top BGT…
  12. tomi Says:
    switch ama hub penting yg mana mas?
  13. fanz Says:
    jadi inget awal awal kuliah. ini pelajaran awal saya kuliah. hehehe
  14. andre Says:
    pengetahuan penting nih. saya sering lupa bedanya router ama switch. makasi mas
  15. Saeful Ulum Says:
    wedeh detil banget infonya..
  16. free download softwares Says:
    ane kagak bisa soal teknisnya gan..
    ane bergerak lebih ke soft..
  17. Jualkom Says:
    Tempatnya Belanja Komputer, Laptop/Notebook, Rakitan dan Semua Aksesoris dan Perlengkapan Komputer Murah dan Garansi Terjamin. :)Terima Kasih
  18. Kursus Marketing Says:
    Tadinya hobi belajar marketing, sekarang mau belajar komputer ya mas. izin nyimak. nuhun

Leave a Reply


© komputerbutut
Tautan komentar adalah nofollow free.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar