Minggu, 26 Februari 2012

apa itu ram?


Cara Kerja RAM: Apa Itu RAM ??


Random access memory (RAM) adalah bentuk yang paling terkenal dari memori komputer. RAM dianggap "akses acak" karena Anda dapat mengakses setiap sel memori secara langsung jika Anda mengetahui baris dan kolom yang berpotongan di sel itu.
Kebalikan dari RAM adalah memori akses serial (SAM). SAM menyimpan data sebagai serangkaian sel memori yang hanya dapat diakses secara berurutan (seperti kaset). Jika data tidak di lokasi saat ini, setiap sel memori diperiksa sampai data yang dibutuhkan ditemukan. SAM bekerja sangat baik untuk buffer memori, dimana data biasanya disimpan dalam urutan yang akan digunakan (contoh yang baik adalah tekstur buffer memori pada kartu video). Data RAM, di sisi lain, dapat diakses dalam urutan apapun.

Mirip dengan mikroprosesor, chip memori adalah sirkuit terpadu (IC) yang terbuat dari jutaan transistor dan kapasitor. Dalam bentuk yang paling umum dari memori komputer, dinamis random access memory (DRAM), transistor dan kapasitor yang dipasangkan untuk membuat sebuah sel memori, yang mewakili satu bit data. Kapasitor memegang sedikit informasi - 0 atau 1 (lihat Bagaimana Bits dan Bytes Bekerja untuk informasi tentang bit). Transistor bertindak sebagai saklar yang memungkinkan sirkuit kontrol pada chip memori read kapasitor atau mengubah negaranya.

Kapasitor adalah seperti ember kecil yang dapat menyimpan elektron. Untuk menyimpan 1 dalam sel memori, ember diisi dengan elektron. Untuk menyimpan 0, itu dikosongkan. Masalah dengan ember kapasitor adalah bahwa ia memiliki kebocoran. Dalam hitungan beberapa milidetik sebuah ember penuh menjadi kosong. Oleh karena itu, untuk memori dinamis untuk bekerja, baik CPU atau memory controller harus datang dan mengisi ulang semua kapasitor memegang 1 sebelum mereka pulang. Untuk melakukan hal ini, memory controller memori membaca dan kemudian menuliskannya kembali. Ini operasi refresh otomatis terjadi ribuan kali per detik.

Kapasitor dalam sel memori RAM dinamis adalah seperti ember bocor. Perlu disegarkan secara berkala atau akan dibuang ke 0. Ini adalah di mana operasi refresh RAM dinamis mendapatkan namanya. Dynamic RAM harus dinamis segar sepanjang waktu atau lupa apa itu memegang. Kelemahan dari semua ini menyegarkan adalah bahwa dibutuhkan waktu dan memperlambat memori.
-- HowStuffWorks

Lihat Juga:

Cara Kerja RAM: Memory Cells dan DRAM

DiggGoogle BookmarksredditMixxStumbleUponTechnoratiYahoo! BuzzDesignFloatDeliciousBlinkListFurl

0 KOMENTAR: ON "CARA KERJA RAM: APA ITU RAM ??"

POSKAN KOMENTAR


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar